15 Agustus 2015

KEBUTUHAN TPST 3R MULYOAGUNG BERSATU SAAT INI DALAM RANGKA OPTIMALISASI KINERJA



KEBUTUHAN TPST 3R MULYOAGUNG BERSATU
SAAT INI DALAM RANGKA OPTIMALISASI KINERJA

            Dalam rangka untuk mewujudkan kinerja TPST 3R Mulyoagung Bersatu yang optimal sehingga dapat mewujudkan kinerja yang efektif dan efisien, maka saat ini TPST 3R Mulyoagung Bersatu dirasa masih membutuhkan beberapa sarana dan prasarana atau alat bantu tertentu yang selama ini masih menggunakan tenaga manual yang dimana kelemahan dari kegiatan yang dilakukan secara manual adalah membutuhkan banyak tenaga dan biaya untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Adapun kebutuhan alat bantu tersebut diantaranya adalah:
1.        1 Unit Mesin Conveyor,
Adapun manfaat dari adanya mesin conveyor ini adalah untuk mempercepat waktu dan mengurangi tenaga pegawai dalam proses pemilahan sampah sehingga dengan adanya mesin ini TPST 3R Mulyoagung Bersatu dapat mengalokasikan tenaga pegawainya ke bidang pekerjaan yang lainnya yang tidak dapat digantikan dengan mesin.
2.        1 Unit Kendaraan Soffel,
Kebutuhan akan kendaraan soffel adalah untuk mengurangi tenaga pegawai TPST 3R Mulyoagung Bersatu untuk menaikkan sampah residu ke dalam truk yang kemudian dibawa menuju TPA (Tempat Pembuangan Akhir), karena selama ini masih menggunakan tenaga manual yang mengakibatkan banyak pegawai kelelahan setelah menaikkan residu.
3.        1 Unit Mesin Press untuk packing lapak,
Kegiatan proses packing lapak yang selama ini menggunakan tenaga manual yang mengharuskan pegawai menghabiskan waktu yang cukup lama kurang lebih selama 1 (satu) jam untuk membungkus sampah yang bernilai ekonomis, maka diharapkan dengan adanya mesin press ini dapat mempersingkat waktu packing sehingga dapat meningkatkan hasil yang diproduksi.
4.        1 Unit Dump Truck untuk pengangkutan residu ke TPA,
Untuk menunjang kegiatan TPST 3R Mulyoagung Bersatu dalam bidang transportasi baik untuk pengangkutan sampah residu menuju ke TPA maupun dalam pengangkutan sampah bernilai ekonomis untuk dijual ke pabrik daur ulang mitra kerja dari TPST 3R MB maka dibutuhkanlah 1 unit dump truck lagi untuk memperlancar kebutuhan tersebut karena dirasa selama ini dengan dump truck yang dimiliki masih dapat mengcover kebutuhan sarana transportasi yang ada di TPST 3R MB.
5.        Solar Sell untuk mengganti tenaga listrik,
Dalam hal penekanan biaya operasional TPST 3R Mulyoagung Bersatu yang selama ini sangat tinggi maka kami berupaya untuk menekan kembali beberapa aspek pengeluaran tersebut. Dan salah satu upaya tersebut adalah dengan dibutuhkannya mesin Solar Sell untuk mengganti sumber tenaga listrik yang ada saat ini sehingga meringankan biaya listrik pada setiap bulannya.
6.        1 Unit Mesin Daur Ulang Plastik menjadi bijih plastic dan tali rafia untuk peningkatan hasil produksi TPST,
Kondisi hasil produksi TPST 3R Mulyoagung Bersatu khususnya pada jenis komoditi plastic yang hanya dibersihkan lalu dijual kembali membuat kurang maksimalnya hasil yang diproduksi. Oleh karena itu apabila pada TPST 3R Mulyoagung Bersatu membutuhkan adanya mesin pembuat bijih plastic dan mesin pembuat tali rafia sehingga apabila TPST 3R MB dapat memproduksi hal tersebut maka secara langsung akan menambah nilai jual barang yang diproduksi dan secara langsung akan dapat untuk menutupi kebutuhan biaya operasional TPST 3R MB setiap harinya.
7.        1 unit computer/ laptop dan LCD (proyektor) lengkap,
Diluar dari kegiatan operasional TPST yang mengelola dan mengolah sampah, keberadaan TPST 3R Mulyoagung Bersatu yang menjadi salah satu TPST percontohan nasional membuat TPST 3R MB menjadi objek kunjungan dan pembelajaran bagi masyarakat umum yang peduli kepada lingkungan. Adapun karena itu maka kami TPST 3R Mulyoagung Bersatu membutuhkan sarana berupa 1 unit computer/ laptop beserta LCD secara lengkap untuk memudahkan penyampaian pengalaman dan ilmu kami dalam mengolah sampah kepada setiap tamu yang berkunjung.

            Demikian uraian tentang kebutuhan sarana dan prasarana TPST 3R Mulyoagung Bersatu saat ini dalam upayanya meningkatkan kinerja yang efektif dan efisien sehingga terwujudnya kinerja yang optimal. Sehingga dengan kinerja yang telah optimal diyakini dapat menghasilkan manfaat secara maksimal dan mampu untuk membantu saudara-saudara kita yang berjuang mengolah sampah di TPST 3R Mulyoagung Bersatu agar menjadi keluarga yang sejahtera dengan pendapatan mampu setidaknya sama dengan UMR yang telah ditetapkan di Kabupaten Malang karena dimana saat ini untuk rata-rata pendapatan di TPST 3R Mulyoagung BErsatu masih jauh dibawah UMR yang ada di Kabupaten Malang.

Salam Sejahtera, Semangat Selalu untuk lingkungan yang bersih, sehat dan lestari.
Semoga Allah Melimpahkan Pahala Atas Hambanya
SAMPAH